Siapakah Pendiri Honda? Dan Bagaimana Ceritanya?

Dipublish pada 07 April 2020 | Kategori: Berita Terbaru
HondaIKMCiledug.com- Mungkin dari sebagian kalian sudah tahu siapa pendiri Honda dan moto sendiri Honda "The Power Of Dream". Dan bagaimana perjuangan pendiri honda dan maksud dari moto Honda. Maka Dari itu mari kita simak cerita dari pendiri Honda.



Soichiro Honda (lahir 17 November 1906 – meninggal 5 Agustus 1991 pada umur 84 tahun). Yap dia adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang. Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.

Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah - tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya - dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS,Tokai Seiki Heavy Industry).

Pada 1938, Soichiro Honda masih sekolah, ketika ia memulai sebuah workshop kecil, mengembangkan konsep ring piston. Rencananya adalah untuk ia menjual ide itu untuk Toyota. Ia bekerja siang dan malam, bahkan tidur di bengkel, selalu percaya dia bisa menyempurnakan desain dan menghasilkan produk yang layak. bahkan sampai menggadaikan perhiasan istrinya untuk modal kerja. Daripada fokus pada kegagalan, ia terus bekerja untuk menggapai tujuannya. Obsesinya membuat ring piston yang saat itu masih sulit untuk didapat. Masa itu, buatan luar negeri jarang yang sempurna dan sukar dibuat. Ring piston itulah yang membuat dirinya kembali ke sekolah pada usia 28 tahun setelah bergulat dengan berbagai macam percobaan, ring piston yang dibuatnya tidak sesuai harapannya dan ia merasa menderita ketika seorang insinyur menertawakan desainnya.

Setelah perang usai, ia muncul ide memasang mesin pada sepeda yang merupakan cikal bakal sepeda motor di kemudian hari. Awalnya ia memanfaatkan mesin-mesin bekas perang. Sewaktu buatannya dijual, respon masyarakat luar biasa. Dagangannya cepat laku hingga mendorongnya untuk membuat sepeda motor.

Meski sepeda motornya sukses, Honda ternyata terbentur masalah finansial bahkan terancam bangkrut. Ia memang seorang penemu dan mekanik yang hebat namun tidak pandai mengelola keuangan. Inilah yang kemudian mempertemukan dengan Takeo Fujisawa.

Di mata karyawannya, Soichiro terkenal keras, bahkan tak jarang dia "main tangan" dalam arti yang sesungguhnya. Bekerja dengan Soichiro berarti ada dua pilihan: pindah ke perusahaan lain atau belajar dengannya. Selain mencintai dunia permesinan, Soichiro sendiri tergila-gila dalam dunia balap. Itu pula yang kemudian menjadi kunci suksesnya.
Dari arena balap, dia mendapatkan masukan berharga bagi pengembangan produknya. Bahkan ketika baru memasuki dunia pembuatan mobil pada tahun 1962, hanya 2 tahun sesudahnya, ia langsung merealisasikan idamannya, terjun di arena Formula 1.
Sedangkan di kancah produksi massal, Honda menelurkan produk yang sangat disukai pasar, hemat bahan bakar dan berkecepatan tinggi, yang menjadi trade mark Honda hingga sekarang. Ketika ia pensiun pada 1973, ia menyerahkan pimpinannya pada Kiyoshi Kawashima. Soichiro meninggal pada tahun 1991 di usia 84 akibat penyakit liver. Meninggalkan istrinya, Sachi dan seorang anak laki-laki serta dua anak perempuan.




Dapat kita simpulkan Soichiro adalah salah satu sekian banyak pengusaha sukses dimana karirnya berhasil bukan karna dari orang yang hebat tetapi kemauan yang membuat dia berhasil, mimpi yang menjadi kekuatan keberhasilan, dan usaha yang tidak akan menyia-nyiakan hasilnya. Demikian cerita diatas semoga menjadi inspiratif bagi kita semua.


Artikel Menarik Lainnya

RAYAKAN USIA KE-20, PT HONDA PROSPECT MOTOR BAGIKAN EMAS UNTUK SETIAP PEMBELIAN MOBIL HONDA DI BULAN

Dipublish pada 06 Maret 2019 | Kategori: Promo Terbaru

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-20, PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar program penjualan "Honda 20th Anniversary Campaign" sepanjang bulan Maret 2019. selengkapnya

PRODUK-PRODUK HONDA RAIH PENGHARGAAN PADA AJANG GRIDOTO AWARD 2019

Dipublish pada 20 November 2019 | Kategori: Berita Terbaru

PT Honda Prospect Motor (HPM) menerima 14 penghargaan dalam acara Gridoto Award 2019 yang diadakan di Jakarta, 19 November 2019. selengkapnya

Honda Kembali Gunakan Tombol Fisik, Kenapa??

Dipublish pada 31 Maret 2020 | Kategori: Berita Terbaru

Apakah ada diantara kalian yang menggunakan Honda HR-V, Honda Jazz ataupun Honda City? Kalau ada, bagaimana impresi kalian terhadap tombol AC berupa touchpad ataupun head unit yang minim tombol fisik? selengkapnya